Tuesday, February 23, 2016
Efek samping penggunaan Virtual Reality Headset
February 23, 2016
Virtual Reality dimasa depan akan menjamur di dunia.Berbagai merek dan spesifikasi dari vendor telah bermunculan dan bersaing untuk mendapatkan kenyamanan dalam berselancar dengan Virtual reality.Banyak sekali aplikasi yang mendukung Virtual reality di masa depan, dari mulai game , travelling , panorama foto , pembelajaran untuk pendidikan , film dan sosial virtual
Namun tidak semua pengguna VR headset betah berlama - lama menggunakan alat ini, mengapa ? berikut ulasannya
1. Pusing
Bagi yang belum terbiasa
Kita tahu pada VR Headset, sisi yang ditonjolkan adalah dari kualitas grafis 3D tersebut dan ditunjang dengan aplikasi game yang membutuhkan gerak cepat seperti arena balap atau simulator roller coster.Virtual reality menghadirkan suasana " sungguhan " meski kamu didalam rumah, itulah mengapa apabila detak jantung sesorang yang apabila berdetak tidak sesuai dengan visual or real condition sebenarnya,maka yang terjadi adalah pusing dan mual bahkan muntah.
well, tapi itu dapat diatasi dengan kesiapan fisik dan ruangan udara yang tidak pengap (trust me)
2. Kecanduan
Kalau yang satu ini tidak perlu ditanya lagi, sesuatu yang excited pasti ujung - ujungnya kecanduan. Apalagi jika ditambah dengan keadaan
3. Dunia nyata akan terasa membosankan
Dunia virtual akan menjadi dunia baru, apalagi terkoneksi otomatis dengan dunia maya maka jadilah dunia virtual maya
serius amat :p
4. Kurang monitoring
Anak - anak dan remaja suatu waktu bisa salah menggunakan VR Headset ini. Mentang - mentang yang bisa lihat cuman dia doang eeh gak tau nya lihat IYKWM (sensor). Jadi para pengembang seharusnya memberi dan melabeli age restricted bagi pengguna VR headset agar aplikasi atau apalah yang berkonten dewasa dan kekerasan tidak dipakai oleh anak - anak. Dan juga orang tua harus memonitoring anak anak nya agar tidak ditindas teknologi bla bla bla, itu aja ah capek ngomongnya..
5. Dijahilin
Nah pas lagi asiknya nya di dunia virtual bisa saja tiba - tiba ada orang atau temen jahilin kita. VR headset mampu melihat 360 derajat dunia virtual tapi tidak memonitoring apa yang terjadi di dunia nyata. saran saya coba itu VR headset nya dibolongin kek atau dikasih kamera sehingga juga bisa melihat sekeliling biar gak kejedot tembok.duh
6. Lupa Sholat
Ini nih yang bikin Tuhan marah sama ente , saking asyiknya main lupa dengar adzan atau sudah lepas waktu sholat. Mohon untuk pengembang muslim untuk diberi aplikasi real time adzan dan sholat sehingga user langsung break atau off . tapi jangan bikin sholat virtual yaaa , di gebleki ente ! (ha ha ha)
Friday, February 19, 2016
Harga dan Spesifikasi Google CardBoard
February 19, 2016
Google cardboard adalah wahana virtual reality yang dikembangkan oleh google sebagai vendor menggunakan kardus atau karton sebagai medianya , sehingga wahana ini dapat dikatakan ekonomis.
Tidak ada spesifikasi khusus smartphone yang digunakan, namun smartphone tersebut harus sesuai dengan bentuk cardboard dalam pelipatannya.
Selain murah dan ekonomis, google juga menyediakan bagaimana cara pembuatannya , kamu bisa download disini.
Google cardboard terhubung dengan aplikasi - aplikasi yang ada di playstore dan juga video - video di youtube , sehingga untuk pengguna Android tidak kesulitan untuk mencobanya. Bagi pengguna Apple ios dapat juga menggunakan nya di itunes.
Bebarapa fitur yang disediakan google untuk google cardboard adalah cardboard camera , proton pulse (shooter dengan laser :)) , tilt brush ( mewarnai ),dan nonton konser 3D.
oke, untuk harga yang dipatok Google cardboard ini tidak lebih dari $5 atau Rp 60.000,- kalau kamu ingin buat sendiri tentu lebih murah dari itu.hehehe
Friday, February 12, 2016
Spesifikasi dan Harga Samsung Gear VR Innovator Edition for Note 4 (SM-R320NPWSXAR)
February 12, 2016
Samsung Gear VR Innovator Edition for Note 4 merupakan Gear VR yang didukung oleh Oculus. Samsung Gear VR Innovator Edition for Note 4 memang hampir mirip dengan Innovator Edition for S6 dari segi tampilan ataupun Software yang digunakan , namun terdapat perbedaan signifikan pada spesifikasinya yaitu terdapat pada pada Samsung Gear VR Innovator Edition for Note 4 yang sudah berisi 16 GB micro SD pada perangkatnya.
Tampilan software Samsung Gear VR |
Dilansir situs resmi Samsung , Samsung Gear VR Innovator Edition for Note 4 dibanderol dengan harga berkisar $199.99 atau Rp 2.694.865 ( 1 $ = Rp 13.500)
Spesifikasi
User Manual
Untuk lebih lengkap spesifikasinya dapat didownload disini
Spesifikasi dan Harga Samsung Gear VR (SM-R321NZWAXAR) , Innovator Edition for S6
February 12, 2016
Samsung Gear™ VR for S6 Innovator Edition di dukung oleh Oculus™. Alat VR weareable ini mampu menghadirkan pengalaman mendalam bagi penggunanya yang memiliki Galaxy S6, ketika dihubungkan dengan Galaxy S6 untuk Gear VR khusus S6 ini kamu dapat memainkan game dan aplikasi yang telah dikeluarkan Galaxy S6. Gear VR khusus S6 ini juga dapat dihubungkan dengan game controller atau bluetooh headset ke perangkat Galaxy S6.
Samsung Gear™ VR for S6 Innovator Edition ini memiliki kesamaan dengan Samsung Gear™ VR for Note 4 yakni memiliki Head strap yang berfungsi untuk menstabilkan pergerakan Headset di kepala dan membuat pengguna lebih nyaman.Pada sisi kanan Gear VR ini terdapat touchpad untuk selection tombol sebagai pengganti pointer manual.
Berapakah harga yang ditawarkan samsung untuk Samsung Gear™ VR for S6 Innovator Edition ini ?
dilansir di situs resmi mereka harga yang ditawarkan berkisar $99 atau Rp 1.334.025 ( 1 $ = 13.500 rupiah) yang perlu di ingat harga ini adalah harga diskon. Harga sebenarnya dibanderol sekitar $199.99.
Spesifikasinya
User manual
Untuk lebih jelas kamu bisa download cek user manualnya disini
sumber : http://www.samsung.com/us/support/owners/product/SM-R321NZWAXAR
Thursday, February 11, 2016
Harga dan Spesifikasi Samsung Gear VR (SM-R322)
February 11, 2016
Samsung Gear VR (SM-R322) merupakan VR Headset yang pertama buatan Samsung sebelum Samsung Gear VR Innovator Edition for S6 (baca disini). Gear VR dikembangkan bersama Oculus yang telah lama meluncurkan VR Headset. Samsung Gear VR (SM-R322) mampu menghadirkan pengalaman bermain game secara 360 derajat yang sangat baik dengan mengikuti pergerakan dari kepala kita, tentu akan menghadirkan sensasi yang mengasyikkan. Banyak puluhan game yang tersedia di Oculus Store baik yang gratis ataupun berbayar dan selalu update setiap minggunya dan kamu bisa bermain secara online atau multiple play dengan bluetooth :)
Banyak game VR di Oculus Store |
Tidak hanya itu Samsung Gear VR juga bekerjasama dengan layanan NetFlix dan Vimeo , sehingga kamu bisa mengakses lebih dari 1 juta video atau film pendek kapanpun dan dimanapun.kamu juga dapat melihat panorama secara 3D !
Layanan Netflix dan Vimeo di Samsung Gear VR (SM-R322) |
Harga yang dibanderol untuk Samsung Gear VR (SM-R322) berkisar $140 atau Rp 1886500 (1 $ = 13.500 rupiah ). Bagaimana tertarik kan ?
Kompatibel
- Samsung Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Edge+, and Galaxy Note 5
Spesifikasi
Color
Frost White
Sensors
Accelerometer, Gyro Sensor, Proximity Sensor
Dimension (HxWxD)
92.6 x 201.9 x 116.4 mm
Weight (g)
318
FOV (Optical Viewing)
User Manual book
Bagi kamu yang ingin detail spesifikasinya bisa lihat disini
sumber : http://www.samsung.com/ca/consumer/mobile-devices/wearables/gear/SM-R322NZWAXAC
General Information
Spesifikasi dan Harga Apple VR ( Master Virtual Reality Starter Pack ) Terbaru dan Murah
February 11, 2016
Pada akhirnya Apple meluncurkan Virtual Reality Headset untuk iphone baru - baru ini, Master Virtual Reality Starter Pack merupakan produk pertama dan konon telah ditelilti sejak 10 tahun yang lalu.Sama seperti VR Headset lainnya yang dapat mengimajinasikan gambar/video secara 360 derajat namun Master Virtual Reality Starter Pack menyajikan pengalaman baru dengan terhubung dengan Maps / peta yang dapat melihat secara 3D tempat - tempat di dunia :), tidak hanya itu Master Virtual Reality Starter Pack sangat kid friendly artinya dapat digunakan untuk semua kalangan dan anak - anak.
Dengan menu dan tampilan 3D augmented realitynya akan terasa berada di " dunia baru " . Apple menyediakan sample gratis yang dapat mengeksplorasi ruang angkasa, tempat tujuan/peta , dan bekerja sama dengan National Graphic : wildlife. Sobat dapat menjelajahi semuanya dengan membayar secara terpisah pada layanan tersebut.
Kalian bisa memperoleh View - Master Virtual Reality Starter Pack dengan harga $29.95 atau Rp 404.624 ( 1 $ = 13500 rupiah)
Spesifikasi
Power Source: External power supply
Height: 5.75 in./14.6 cm
Width: 5 in./12.7 cm
Weight: 21.5 oz.
Length: 9.25 in./23.4 cm
Informasi Pabrik
Part Number
Mfr. Part Number: DLL68
UPC or EAN No.: 887961262001
Warranty: One-year limited
Manufacturer Note
Mattel reserves the right to terminate the app after 10/31/17
Works with Google Cardboard
Kompabilitas
iPhone Models
- iPhone 5
- iPhone 5c
- iPhone 5s
- iPhone 6
- iPhone 6 Plus
- iPhone 6s
- iPhone 6s Plus
sumber : http://www.apple.com/shop/product/HJKB2LL/A/view-master-virtual-reality-starter-pack
Penjelasan Virtual Reality dan aplikasinya
February 11, 2016
Salah satu buah karya manusia yang paling besar pengaruhnya dalam proses
perancangan adalah teknologi Virtual Reality (Realitas Maya). VR (Virtual Reality)
merupakan cara baru dalam komunikasi manusia dengan mesin dalam hal ini komputer
(numan-computer interface technology). Unsur penting dalam VR adalah keterlibatan
secara total segenap inderawi manusia dalam proses desain seperti melihat,
merasakan, memegang dan mendengar. Semua itu disimulasikan dalam satu
perang:cat terintegrasi yang berjalan secara real time. Sejarah VR dimulai pada 1968
ketika untuk pertama kalinya Ivan Shuterland membangun sistem tampilan yang
berhubungan dengan gerakan kepala. VR sendiri muncul setelah adanya penelitian
tentang perangkat helm yang memiliki layar monitor di dalamnya (headmounted
display) oleh Jim Clark tahun 1974 di Amerika Serikat. VR membuka peluang menjadi
antarmuka (interface) antara manusia dengan komputer. Oleh penemu yang sama pada
tahun1982 lahirlah Silicon Graphics, komputer kapabilitas tinggi yang mampu mengolah
citra grafik yang sangat rumit. Dua tahun kemudian Wiliam Gibson meluncurkan novel
berjudul Neuromancer yang banyak berbicara tentang dunia maya dan cyberspace.
Pemikirannya ini turut mempengaruhi gelombang penciptaan teknologi maya pada
kaum Posmodernis. Pada tahun 1989, kata virtual reality menjadi populer setelah
ditemukannya perangkat yang mampu berinteraksi dengan kemampuan inderawi
manusia misalnya Kacamata CrystalEyes yang mampu memberi citra streoskopik, dan
Sense8 yang menciptakan software interaktif berupa real time 3D graphics beserta
perangkat pendukung VR lainnya. Perusahaan otomotif Volvo clan perusahaan
penerbangan Boeing menggunakan VR pertama kali untuk mensimulasikan gerakan
kendaraan agar didapat kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Simulasi
penerbangan merupakan aplikasi VR tercanggih dan terlama yang tampak lebih
realistis ketimbang menerbangkan pesawat yang sebenarnya. Pilot -pilot baru dilatih
memegang kontrol pesawat yang sarat dengan penumpang untuk pertama kalinya
dalam Boeing 747 "yang sebenarnya" karena mereka dapat belajar lebih banyak dalam
simulator ketimbang dalam pesawat sesungguhnya. Dalam simulator seorang pilot
dapat dihadapkan pada semua jenis situasi yang jarang terjadi, bahkan dalam
kenyataannya mungkin mustahil terjadi. la dapat mengalami situasi yang lebih gawat
dari sekedar mengalami kecelakaan atau menghancurkan pesavvat yang
sesungguhnya. Berbeda pula hal tersebut apabila program VR dipakai untuk orang
yang sedang belajar mengemudi. Di jalan yang licin seorang anak lari m6nyeberang
dan terjebak di antara dua mobil sementara dalam keadaan panik kita tidak tahu
bagaimana harus bertindak. VR memungkinkan kita mengalami situasi dengan tubuh
kita sendiri. Perangkat yang mereka gunakan pada saat itu adalah Silicon Graphics
dengan Onyx Reality Engine pada tahun 1992. Dan pada perkembangan selanjutnya
bermunculan perangkat lunak yang lebih spesifik dalam memecahkan masalah
pemodelan seperti pada bidang enjinering, desain produk, arsitektur, kedokteran, sains,
entertainment dan sebagainya.
Pada dasarnya, konfigurasi VR tersusun dari perangkat-perangkat :
1. Sensory-immersion VR, yaitu perangkat-perangkat antar muka (interface)
yang melibatkan secara langsung sensasi inderawi seperti headmounted
display (helm VR), data glove (sarung tangan), dan body suit (rompi VR).
Helm dengan penutup mata (headmounted display) memberikan gambaran
perspektif yang berbeda tentang benda yang dilihat. Begitu kepala
digerakkan, gambar-gambar akan bergerak demikian cepat berubah
sahingga kita akan merasa seperti membuat perubahan-perubahan ini
dengan gerakan kepala. Manusia adalah penyebab dan bukan sebagai
penerima akibat.
2. Projection VR, mencakup interaksi dengan proyeksi obyek pada layar lebar
yang merepresentasikan lingkungan virtual buatan seperti CAVE (Cave
Automatic Virtual Environment) atau Responsive Workbench
3. Simulator VR, mencakup lingkungan buatan fisik yang bertujuan untuk lebih
mendekatkan realita lingkungan kepada pengguna. Pada industri otomotif,
umumnya mereka membangun sebuah mock up kabin penumpang lengkap
dengan monitor yang berfungsi sebagai - kaca depan yang dihubungkan
dengan perangkat VR sehingga secara dinamis mock up mampu
memberikan efek natural seperti getaran atau goncangan.
4. Desktop VR, mencakup perangkat keras yang menunjukkan proses
pemodelan VR di layar komputer.
Proses Desain dengan Aplikasi Virtual Reality pada lingkungan buatan CAVE
Gagasan dibalik VR adalah memberikan pengalaman di dunia lain dengan memandang
apa yang bisa dilihat dan yang lebih penting memberikan gambaran perubahan yang
terjadi (real time) begitu sudut pandang dirubah. Persepsi ruang dipengaruhi oleh
berbagai petunjuk visual, seperti ukuran, kecerahan, dan gerakan. Petunjuk visual
terkuat adalah perspektif, terutama tampak kuat dalam bentuk binokularnya di mana
mata kanan dan kiri melihat gambar-gambar yang berbeda dan menggabungkan
gambar-gambar itu ke dalam persepsi tiga dimensi. Ini merupakan dari stereovision.
Persepsi tentang kedalaman yang muncul karena masing-masing mata melihat gambar
yang sama secara berbeda. Ini disebut sebagai paralaks mata. Efek ini paling efektif
bekerja pada bendabenda yang sangat dekat. Benda-benda jauh sebenarnya
memberikan gambar yang sama pada masing-masing mata. Kita pernah heran
menyaksikan film tiga dimensi yang seakan-akan mempunyai banyak gerakan maju dan
mundur di daerah dekat, atau benda-benda seakan-akan terbang ke arah pemirsa. Jika
kita pernah masuk dan melihat film dokumenter pada layar super lebar di Teater Imax
Pengalaman lain barangkali akan lebih menawarkan perangkat lingkungan yang tidak
lagi memerlukan helm khusus. Alternatifnya adalah meninggalkan helm, yang
memberikan gambar perspektif kepada setiap mata secara terpisah dan beralih ke apa
yang dinamakan teknologi auto-strereoskopik, yang mengembangkan suatu obyek
nyata atau citra holografik dalam ruang dan mengirimkannya ke kedua mata. Ini
memberikan ide kepada produser film Star Trek "Next Generation" untuk menciptakan
kabin virtual holodeck.
Kini di negara-negara maju, pemakaian tekonolgi VR telah umum digunakan pada
kebanyakan industri manufaktur. Investasi VR telah mampu mereduksi waktu dan biaya
yang dikeluarkan untuk proses desain-manufaktur-pemasaran. Fase yang paling
menyedot biaya adalah prototyping. Bisa dibayangkan apabila perusahaan otomotif
harus membangun prototip dan membuat uji coba dengan cara ditabrakka.n (crash test
simulation) atau uji aerodinamik (airflow dynamic simulation). Kemudian hasil analisis
tumbukan digunakan untuk memperbarui prototi p tahap selanjutnya. Waktu dan biaya
yang diperlukan sangatlah besar. Goba bayangkan apabila harus dibangun sebuah
pesawat untuk uji terbang? Dengan VR semua hal itu dapat disimulasikan secara real
time dan analisis yang terjadi bisa lebih akurat (tergantung dari seluruh data variabel
yang dimasukkan).
Bahkan dengan VR pun seorang pematung atau desainer akan langsung mendesain
dengan cara mereka bentuk material virtual 3D (mis. clay atau plasticine) dengan cara
virtual pula. Tangan akan seolah-olah merasakan bentuk permukaan model. Model
yang kurang proporsional dapat langsung dirubah dengan cara menggerakkan tangan
seperti orang membuat patung dari tanah liat.
Ir. Edi Muladi | UMB
Subscribe to:
Posts (Atom)